Minggu, 12 Mei 2013

PENYULUHAN GIZI


Oleh : Adiyanti Nazilatul Rokhima


PENYULUHAN GIZI

            Penyuluhan gizi yaitu serangkaian kegiatan penyampaian pesan-pesan gizi yang direncanakan dan dilaksanakan untuk menanamkan dan meningkatkan pengertian, sikap, serta perilaku positif pasien dan lingkungan terhadap upaya peningkatan gizi dan kesehatan.
Tujuan penyuluhan gizi yaitu untuk menjadikan cara-cara hidup sehat sebagai kebiasaan sehari-hari masyarakat. Untuk menunjang keberhasilan hendaknya petugas penyuluh memiliki pengetahuan mengenai gizi dan dapat menyesuaikan dengan cara hidup masyarakat setempat.
Program penyuluhan gizi yang sukses membutuhkan antara lain :
1.   Peran aktif masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
2.   Pengawasan yang terus menerus dalam periode yang lama
3.   Disesuaikan dengan kebutuhan individu
Gizi ibu hamil yaitu meliputi :
1. Energi
Banyaknya energi yang harus disiapkan hingga berakhirnya kehamilan adalah 80.000 kalori (Nasional Academy of Sciences, 1980). Kebutuhan energi trimester II & III meningkat sampai akhir kehamilan.
2. Protein
Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi V 1993 menganjurkan penambahan 12 gram / hari. Dengan demikian asupan protein dapat mencapai 75-100 gram atau sekitar 1,3 gram/kg BB/hari.
3. Zat besi
Kebutuhan zat besi pada wanita hamil meningkat 200-300 %, untuk pembentukan plasenta & sel-sel darah merah janin.
4. Calsium
Anjuran kalsium 1200 mg/hari bagi wanita hamil yang berusia diatas 25 tahun, sumber calsium adalah susu, putih telur, sayuran hijau.
Selain calsium, Vitamin D, Vitamin C, Vitamin B komplek juga diperlukan untuk wanita hamil.
Pemeliharaan Gizi Selama Hamil :
1. Pengawasan dan pemantauan pertumbuhan janin
2. Pencegahan dini terhadap defisiensi gizi
3. Pengaturan makanan selama hamil
Kebutuhan unsur gizi ibu menyusui sama halnya waktu hamil, namun bedanya pada waktu hamil zat makanan diberikan lewat darah ibu sedangkan pada saat menyusui melalui ASI. Untuk menghasilkan 1 liter ASI, Ibu menyediakan 1110 kall, 12gr protein, 45gr lemak, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar